Hello Jakarta ( INAICTA )

Wednesday, October 23, 2013

        Halloo sobat blogger, kembali menulis lagi nih setelah dilanda beberapa kesibukan hehe. Dan untuk posting kali ini aku akan menceritakan tentang pengalaman pertamaku berada di Ibukota Jakarta, hihi maklum lah orang desa belum pernah ke Jakarta.

        Aku ke Jakarta dalam rangka mengikuti lomba INAICTA 2013 ( Indonesia ICT Awards 2013 ). Apa itu INAICTA ? Ehm, INAICTA itu semacam lomba teknokreasi, dimana kita bisa menyumbangkan berbagai kreasi kita, baik itu dalam bentuk aplikasi desktop, web, mobile, dll. Pokoknya banyak kategori deh disana hehe. Nah aku ikut untuk kategori Student Application ( SMA/SMK ), aplikasiku dalam bentuk aplikasi desktop.

        Awal aku tau tentang lomba itu tuh dari guruku, guruku menyarankan untuk mengikutsertakan aplikasi kami dalam lomba tersebut. Nah masalahnya waktu itu aku karena sudah kelas 3 jadi harus mengurus PSG ku, mana waktu itu psg ku masih belum di approve lagi. Jadi gitu deh antara mau daftar atau enggak itu bingung -_- tapi setelah dipikir-pikir ya gapapalah coba-coba untuk ikutan hehe.

        Selanjutnya kami mengikuti semua persyaratan yang harus dipenuhi. Daftar di web INAICTA done, mengisi formulir done, membuat video done, tapi ada satu persyaratan yang bikin kami agak males haha. Kami disuruh buat proposal, waw disaat pusing dengan psg kami disuruh buat proposal ? haha tapi bismillah kami pasti bisa. Kami bagi proposal tersebut aku mengerjakan bagian ini, Dimas mengerjakan bagian ini, dan Wahyu mengerjakan bagian ini hehe. Ohya kelompokku itu terdiri dari 3 anak, yaa itu tadi aku, Dimas, dan Wahyu. Aku cewek sendiri huhu :3


        Persyaratan pendaftaran akhirnya telah kami penuhi semua. Kami menunggu pengumuman dalam 2/3 minggu, karena kami daftar itu termasuk di hari hari terakhir menjelang pendaftaran ditutup :3 dan pengumumannya itu seingat saya sekitar tanggal 13 Agustus tapi gatau juga aku lupa maaf ya hehe, dan si Wahyu kalau nggak salah tanggal 17/18 Agustus itu dia kasih kabar ke aku kalau kelompokku lolos penilaian tahap pertama. Masyaallah bener-bener kaget aku waktu aku cek di webnya dan ternyara benar, kami masuk nominasi. Asli nggak kebayang sebelumnya kalau kami bakal masuk dan mengikuti tes tahap kedua di Jakarta.

        Alhasil aku pun membicarakan masalah ini ke guruku yang waktu itu menawari kami untuk ikut lomba itu. Aku diminta untuk segera memperbaiki aplikasi kami, dan teman"ku yang lain mengurus masalah tempat tinggal selama disana dan mengurus masalah poster. Karena kami akan tinggal di Jakarta beberapa hari, diantaranya untuk 1 hari penilaian tahap dua dan 2 hari untuk exhibiton ( pameran ). Jadi diitung-itung kami disana itu selama yaa kurang lebih 3 - 4/5 hari lah hehe.

        Kami berangkat tanggal 28 Agustus dan kembali tanggal 2 September. Aku dan kelompokku berangkat kesana didampingi sama pembimbingku namanya Pak Hadi. Kami berangkat naik kereta api Gajayana, kereta api eksekutif haha kereeen tapi waktu pulang kita naik Majapahit, kereta api ekonomi haha. Tapi itu nggak penting lah ya, yang penting ke Jakarta nggak jalan kaki haha :p

        Tepat tanggal 28 Agustus 2013 pukul 14:30 kami berangkat dari Stasiun KA Malang menuju Stasiun Jatinegara. Brr asli ini pengalaman pertamaku ke Jakarta, berasa kayak mimpi. Aku naik kereta api yang tujuannya ke Jakarta waawww haha *alay. Ohya kenapa kami turun di Jatinegara ? karena kami nantinya akan tinggal di rumah saudaranya Wahyu di Bekasi. Jadi kami turun di Jatinegara dan naik kereta listrik ke stasiun Bekasi.

        15 jam kemudian, hehe aku akhirnya sampai di stasiun Jatinegara sekitar jam 6 pagi, segera kami naik kereta listrik dan turun di stasiun Bekasi. Dari situ kemudian kami dijemput oleh supir dari saudaranya si Wahyu. Sesampai di rumahnya, aku langsung mandi dan istirahat kepalaku pusing pakek banget. Secara 15 jam di kereta ? fyuh capek haha. Setelah bangun sekitar jam 11 siang aku cuci muka kemudian dengar adzan dan sholat. Setelah itu aku, Dimas, Pak Hadi, dan mas Soni ( sopir saudaranya Wahyu ) survey nyari lokasi Binus di Mall FX sama nyari lokasi JCC.


        Foto yang diatas itu waktu kami mencari Binus sama JCC hehe, yang moto in mas Soni. Lebih tepatnya itu waktu kami jalan kaki dari FX ke JCC sumpa itu juauh banget :' capek pakek banget huhu tapi gapapa capek capek tetep happy lalala yeyeye.

        Oke langsung dicepetin aja yaa, keesokan harinya kami berangkat sekitar jam 9 menuju Mall FX untuk mempresentasikan aplikasi kami. Asli deg-deg an pakek banget, berulang kali aku coba memahami materi buat presentasi itu nggak paham paham -_- dan saat dipanggil kelompokku untuk presentasi aku berusaha tenang dan bismillah pasti bisa :) alhamdulillah saat presentasi lancar dan sama sekali nggak deg-deg an.


        Nah diatas itu foto kita setelah presentasi hehe :D narsis teruss . Setelah presentasi kita nyantai nyantai dulu di binus, sambil makan snaks hehe. Kenyang dengan semua snaks yang uda dimakan, kita pun kembali ke Bekasi untuk mengistirahatkan badan hehe.

        Besoknya kita pergi ke Jakarta Convention Center ( JCC ) dan acaranya adalah pameran ( exhibition ) hari pertama. Jadi disana kita mempamerkan/menunjukkan hasil karya kita pada masyarakat luas.


        Yang diatas itu adalah saat pembukaan pameran ( exhibition ) hari pertama oleh Menteri Kominfo, Bapak Tifatul Sembiring.


        Ini saat Pak Tifatul Sembiring melihat hasil-hasil karya para nominator.


        Kalau yang ini saat saya sama teman-teman menjelaskan tentang karya kami ( Poultry Farm ).

        Asli saat pameran itu kita nggak ada persiapan sama sekali, kita juga nggak kepikiran buat brosur atau kartu nama :3 jadi yaa gitu deh kalau ada yang minta kartu nama/nomor hp, kita tulis di kertas huhu melas ya :v. Tapi gpp ini bisa dijadikan pelajaran baru, so lain kali harus siap sama yang namanya kartu nama hehe.

        Hari semakin sore, dan saatnya untuk mengistirahatkan badan dan pikiran :D . Tapi sebelum pulang foto-foto duluuuu hehe.




        Lanjut ke pameran hari kedua dan saat malam penganugerahan. Saat pameran yaah sama seperti hari pertama, bedanya di hari kedua ini sebelum malam penganugerhan kita foto-foto sama beberapa nominator lainnya.



        Itu tuh foto yang diatas, anaknya kan di kursi roda tuh. Aku salut banget sama anak itu, secara dia kan buat aplikasi All About Car dan itu semua full 3Ds Max. Masyaallah, lebih hebatnya lagi dia itu belajar sendiri loh ( otodidak ) cuma belajar dari buku sama internet. Kereennn asli kereenn, jadi kayak cambukan gitu buat aku. Kalau dia aja bisa, kenapa aku enggak ? aku juga bisa dong. Asal ada kemauan dan niat semuanya nggak ada yang nggak mungkin :) .


        Haha itu kita, kalo difoto kayak gitu jadi berasa kayak artis ya ? haha :D

        Selanjutnya persiapan untuk malam penganugerahan. Emm antara deg-deg an sama pasrah haha, karena apapun yang terjadi menang atau kalah itu nggak penting. Bagiku disini, yang bisa aku ambil adalah pengalaman yang nggak akan terlupakan.

        
        Itu saat pembukaan malam penganugerahan, pembukaannya kereennn bangeett hehe :D

        Yah walaupun kelompokku belum menang, tapi kita nggak patah semangat. Tetap berkarya dan ambil pengalaman dari acara ini :)) .

  • Share:

You Might Also Like

6 komentar