Surganya Pantai Sawarna

Monday, August 12, 2013

        Ngomongin masalah surga pastinya ada hubungannya dengan keindahan, kenikmatan, dan sebagainya. Dan untuk kali ini yang akan aku bahas adalah tentang Surga yang ada di Pantai Sawarna.
Waww.. Penasaran ya ? yuk simak..








              Kawasan pantai Sawarna memiliki beragam keindahan landscape seperti gunung, hutan dengan tanaman-tanaman langkanya, sungai dengan corak budayanya yang unik, alamnya tebentang luas dari perbukitan yanglandai, bukit karang yang terjal, dataran rendah yang sejajar garis pantai, goa - goa, hutan tropis pantai, pantai pasir putih, pantai berkarang laut serta pelabuhan tradisional, semuanya adalah potensi pariwisata sawarna yang sangat mengagumkan dan menakjubkan.

        Letak Pantai Sawarna berada di desa Sawarna, kecamatan Bayah, provinsi Banten. Untuk mencapai kesana bisa melalui jalan darat dari kota serang - malimping - bayah sawarna, alternatif kedua dari kota serang - rangkas bitung - gunung kencana - malimping - bayah, alternatif ke tiga kota bogor - pelabuhan ratu - sawarna.

        Ketika sampai di desa Sawarna, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan pantai pulau manuk. Hamparan karang yang tersebar di pantai manuk ini menjadikan pantai ini banyak di kunjungi para turis asing maupun wisatawan lokal dari berbagai daerah. Pulau manuk ini di kelilingin hutan tropis yang hijau memberikan kesegaran alam dan udara yang segar dari pegunungan. Ohya, hal yang menakjubkan lainnya adalah para wisatawan bisa melihat sunset dari sini. Wow, hal yang luar biasa pastinya kalau kita bisa melihat sunset secara langsung.


        Setelah dari pulau manuk, wisatawan akan dimanjakan oleh jalanan hutan yang asri dengan tanaman - tanaman langkanya. Mata yang awalnya capek karena perjalanan yang mungkin jauh, bisa langsung kembali segar jika melihat tanaman hutan yang berjejer kokoh di sepanjang jalan.

        Tidak jauh sari jalanan hutan, wisatawan bisa melihat dan menikmati pantai karang songsong. Di tempat ini wisatawan bisa membakar ikan laut sambil menikmati ombak yang setiap detik menghantam karang - karang yang ada di pantai ini.

        Setelah menyisiri pantai karang songsong, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat indah lainnya, karena sawarna mempunyai goa - goa yang tebentuk karena gejala alam ratusan lalu. Di lokasi ini terdapat banyak goa, antara lain :
- Goa harta karun, konon menurut cerita tempat ini untuk menyimpan harta - harta milik pasukan Jepang.
- Goa seribu candi, konon menurut cerita tempat ini digunakan untuk bertapa atau bersemedi, di tempat ini banyak lekukan - lekukan batu yang menyerupai candi atau patung.
- Goa langir, goa ini dulunya tempat istirahat pasukan Jepang waktu jaman perang.


        Di tempat ini ( daerah Sawarna ) ini juga cocok untuk pencinta panjat tebing yang menyukai tantangan karena bentuk tebingnya yang artistik. Ditambah lagi goa-goa dan tebing disini lokasinya berdekatan dengan pantai yang indah, jadi ya habis lelah memanjat tebing kita bisa langsung dimanjakan oleh indahnya pantai dan desiran angin laut. Wow, seru banget tuh ya :)

        Eits, nggak cukup disitu karena masih ada satu goa lagi yang terpisah yaitu goa Lalay. Ditempat ini air mengalir dari gunung menuju sawah - sawah yang ada di pemukiman warga. Di tengah hijaunya pematang sawah, gemericik air, warna warni bunga bermekaran dan kicauan burung - burung semakin menandakan kealamian desa Sawarna.

        Yuhuu keren pakek banget yaa, tapi sebelum beranjak dari artikel ini, yuk kita bahas apa saja sih tempat-tempat wisata yang ada di area Sawarna. Yuk disimak :))









1. Pantai Pulo Manuk


        Pantai ini berada di sebelah Selatan Baten dan jaraknya tidak terlalu jauh dari pantai Sawarna. Dengan hamparan karang yang luas membuat pantai ini memiliki daya tarik yang unik. Ditambah lagi dengan adanya karang-karang yang besar, banyak burung-burung cantik yang mendatangi karang-karang tersebut. Jadi, tempat ini cocok banget nih buat para pencinta fotografi hihi.

2. Pantai Pasir Putih Sawarna


        Banyak orang menyebut pantai ini adalah pantai yang masih perawan. Entah kenapa, ya mungkin karena belum begitu banyak masyarakat yang mengetahui keindahan pantai ini, sehingga belum ada orang yang merusaknya. Dengan keindahan dan keelokan pantai ini membuat tempat ini menjadi tujuan utama para wisatawan domestik maupun mancanegara.

3. Pantai Legon Pari


        Pantai ini adalah pantai indah yang tersembunyi. Bisa dibilang tersembunyi karena lokasinya yang berada di belakang bukit-bukit desa Sawarna. Untuk mencapai lokasi ini harus menyemberangi jembatan gantung dan menaiki bukit, tapi jangan khawatir kita juga bisa sampai kesana dengan cara instan kok, yaitu kita bisa menyewa ojek. Yuhuu ojek hehe, yaa mungkin karena jalan yang dilewati hanya bisa untuk sepeda roda 2 kali ya. Buat para pecinta fotografi, terutama yang ingin memiliki foto-foto saat sunrise yang luar biasa, disaranin banget deh untuk datang ke tempat ini. Dan sambil menunggu sunrise tiba, kita akan ditemani oleh deburan ombak tinggi yang bergulung tanpa henti serta batu-batu karang yang eksotis akan manambah keindahan dan nuansa alam di pantai ini.

4. Goa Lalay Sawarna


        Goa ini berada di Kampung Cipanas, Desa Sawarna. Tempat yang menjadi lokasi peristirahatan binatang kelelewar ini, menampilkan keindahan batuan stalagnit dan stalagmit yang mempesona. Sampai saat ini belum ada penjelajah ataupun ilmuwan yang bisa menembus dan menggali apa yang terkandung dalam goa tersebut. Hal ini menjadi salah satu keunikan yang dimiliki oleh Goa Lalay.

5. Goa Langir Sawarna


        Disekitar goa Langir ini tidak hanya ada goa-goa lain atau tebing-tebing untuk dipanjat. Tapi didepan goa Langir ada pantai pasir putih yang juga nggak kalah indahnya sama pantai-pantai di Sawarna lainnya.

6. Tanjung Layar Sawarna


        Tanjung Layar ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Ciantir dan keunikannya ada pada karangnya.
Bila tiba di pantai ini, kita akan segera tahu mengapa pantainya disebut Pantai Tanjung Layar. Di pantai ini terdapat dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Keunikan bentuk karang ini membuat Pantai Tanjung Layar kerap menjadi obyek fotografi yang menarik. Meski berada di tengah laut, kita tetap dapat dengan mudah menghampiri dua karang raksasa tersebut apabila air laut sedang surut. Laut menuju karang cukup dangkal, hanya hampir selutut orang dewasa. Hanya saja harus ekstra berhati-hati karena banyak karang tajam di dasar lautnya yang dapat melukai kaki kita, terdapat beberapa bulu babi di antara karang-karang tersebut. Jalannya juga cukup licin, sehingga kita harus berhati-hati saat melangkah. Saat tiba di bawah karang raksasa tersebut, kita bisa langsung berfoto ria hehe.

7. Pantai Karang Taraje


        Lokasi pantai Karang Toraja sekitar 4 km dari pusat kecamatan Bayah, kabupaten Lebak. Atau jika dari arah Pantai Legon Pari bisa berjalan terus ke arah timur maka akan menemukan pantai ini. Dinamakan pantai Karang Taraje karena pada suatu titik kita harus menaiki sebuah taraje ( tangga ). Jika pergi ke pantai ini sebaiknya kita menunggu saat air laut sedang surut.

8. Surfing Area Sawarna


        Karena sebagian besar dan terutama di pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup tinggi, lokasi ini sering dijadikan tempat untuk melakukan olahraga surfing. Yang melakukan surfing pun bukan hanya dari wisatawan domestik, tapi juga dari wisatawan mancanegara. Dan katanya daerah Sawarna ini memang terkenal di kalangan turis asing, terutama Australia.

        Nah ini buat yang belum pernah ke Sawarna, wajib banget untuk punya peta ini. Lebih tepatnya peta untuk area wisata Sawarna. Jadi disini nanti akan ditunjukkan lokasi-lokasi wisata yang ada. Yahh bisa dibilang semacam petunjuk jalan lah ya selama kita di Sawarna, biar nggak tersesat hihi.




        Ini nih yang lebih penting lagi, kita perlu tau dong gimana rute perjalanan menuju ke Sawarna. Jadi, yuk dipelajari rute nya digambar dibawah ini.










              Yang pastinya kalau kita mau menikmati keindahan Pantai Sawarna lebih dari satu hari, kita wajib banget buat menyewa penginapan, dan menyewanya pun harus-harus jauh-jauh hari. Karena penginapan di Sawarna ini selalu penuh setiap harinya. Dan jangan khawatir, penginapan-penginapan disini banyak yang murah kok, jadi kita nggak perlu keluar uang terlalu banyak. Yang membedakan harganya itu hanya pada ada atau tidaknya AC di penginapan tersebut.

        Penginapan - penginapan tersebut terletak tidak jauh dari bibir Pantai Sawarna ±200 meter, sehingga dari dalam penginapan suara deburan ombak Sawarna akan merdu di dengar. Harga penginapan di Sawarna bermacam – macam dari 200rb hingga 1,5jt per malam, itu semua tergantung selera kita mau pilih yang mana, atau jika menginginkan penginapan + makan 3x itu juga ada, kisaran harga untuk penginapan + makan adalah Rp. 120rb – 250rb /orang.


Berikut adalah nama – nama penginapan yang ada di sawarna :

1. Penginapan Ripki Sawarna
2. Penginapan Cariang Sawarna
3. Penginapan Andrew Sawarna
4. Penginapan Litle Hula – Hula Sawarna
5. Penginapan Clara Sawarna
6. Penginapan Java Beach Sawarna
7. Penginapan Restu Sawarna
8. Penginapan Aditya Sawarna
9. Penginapan Bayu Sawarna
10. Penginapan Milang Sawarna
11. Penginapan Batara Sawarna
12. Penginapan ABC Sawarna
13. Penginapan Widi Sawarna
14. Penginapan Family Sawarna
15. Penginapan Aura Sawarna
16. Penginapan Andra Sawarna
17. Penginapan Angsana Sawarna
18. Penginapan Tanjung Layar Sawarna
19. Penginapan Elsa Sawarna








             Ngomongin masalah oleh-oleh khas Sawarna, ada satu makanan khas Sawarna yaitu sale pisang khas Sawarna. Kalau kita berkunjung ke Sawarna rasanya belum lengkap jika belum mencoba manisnya sale pisang ini. Oleh-oleh khas Sawarna ini banyak di temukan di warung - warung atau penginapan di Sawarna. Sale ini terbuat dari pisang yang proses pembuatannya secara tradisional, tanpa bahan pengawet, tapi tetap bisa tahan lama. Dan katanya kalau sudah mencicipi manisnya sale pisang dari Sawarna ini, bbrrr lidah langsung bergetar hehe.

        Itu yang diatas gambarnya sale pisang khas Sawarna, hhmm yummii. ( maaf kalau gambarnya kurang jelas, yang ada cuma itu soalnya  hehe )

        Untuk kuliner khas Sawarna lainnya, ada buah huni yang dijadikan minuman penghangat. Selain dalam hal kuliner Sawarna juga punya khas dalam kerajinannya yaitu kerajinan ukir tangan dari akar kayu mahoni. Kerajinan ini sudah dikenal dan banyak menerima pesanan dari berbagai wisatawan.


Nahhh, uda pada tau tentang keindahan Sawarna ya ? yukk tunggu apalagi, segera pergi kesana dan dapatkan liburan yang menakjubkan hihi.
Saya sendiri setelah tau semuaa tentang Sawarna, langsung terpesona banget deh pengen cepet-cepet kesana. Semoga suatu saat kalau ada waktu bisa kesana. Amien :)


            Emang nggak salah deh kalau semua keindahan itu disebut sebagai "Surganya Pantai Sawarna" .




You Might Also Like

6 komentar

  1. Haloo Vloggers,

    Saya putri dari VIVAlog, meminta biodata lengkap lomba blog "Jelajah 7 Keajaiban Nusantara" #terios7wonders berhubung email masuk banyak dan mungkin ke skip jadi di minta untuk mengirim data lagi dengan Subject : DATA LOMBA BLOG TERIOS7WONDERS (CAPSLOCK) , sebagai berikut:

    Nama lengkap:
    Username VIVAlog:
    Alamat lengkap:
    No Hp:
    Link Blog:

    kirim ke email: putri.megasari@viva.co.id

    Karena hari ini adalah hari penjuarian, diminta untuk secepatnya mengirim data.


    Regrads,
    Putri

    ReplyDelete
  2. pengen banget ke sana..tapi btw aman gak ya buat anak-anak??

    ReplyDelete
  3. http://penginapansawarna.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. yap.. memang bener banget Sawarna memang menarik untuk di kunjungii, eitttt..... tapi gak cukup sampai di situ, karena ada satu objek wisata lagi yang wajib agan kunjungi, yaitu Pantai UJUNG GENTENG...! pantai yang lokasinya sekitar 80.km Dari pelabuhan ratu, merupakan pantai yang terbilang Virgin Beach.., so di sana belum spt pantai2 lain masih asri gann.., Yang menjadi brand-nya yaitu penyu hijau.. wah2.!. hewan di lindungi ini terdapat di Pantai Tersebut.., nah guys..!. yang belum pernah ke sana segera ya.. Sebelum hari liburnya Finish hehe,...! untuk penginapan ga usah bingung..gan ane dapet infonya di sini www.ujung-genteng.info or call 085860555177 thnxs..

    ReplyDelete
  5. http://www.pantaisawarna.net/
    http://www.penginapandisawarna.com/
    http://www.penginapanpantaisawarna.com/

    ReplyDelete