Mahasiswa Biasa Kok Ngeluh?

Friday, May 19, 2017

Mari kita membahas secara realistis tentang fenomena mahasiswa di Indonesia hehehe. Kenapa di Indonesia? Karena emang secara nggak langsung aku mengamati mahasiswa Indonesia saja soalnya teman-temanku orang Indonesia hehehe. Sebelum lanjut membaca, mohon untuk tidak diambil hati yaa atas setiap kata-kata yang aku tulis wkwkwk. Karena disini aku cuma mengungkapkan isi hati dan pikiran *halaaah :D


Dan I am so sorry if anyone here merasa tersindir. Tulisan ini sepenuhnya tidak ada maksud lebih selain mengungkapkan isi yang ada di dalam hati dan pikiranku. So, just make it fun guys, aku gaada maksud aneh-aneh kok, cius :* hehehe

Okaaay, let's start!

Mengeluh

Salah satu hal yang sering kutemui adalah mengeluh. Yah hal yang satu ini memang nggak akan lepas dari sifat manusia yang memang sangat susah untuk bersyukur sehingga cukup mudah mengeluh. Disini rata-rata yang aku jumpai, para mahasiswa mahasiswi sering mengeluh karena banyaknya tugas atau padatnya jadwal kuliah. Hhmm, then i am thingking about one thing. Apa yang mereka keluhkan gitu loh? Maksudku, yah tugas dan padatnya jadwal kan memang hal yang sangat wajar untuk semua mahasiswa tanpa terkecuali ya. Tapi kenapa masih mengeluh?

Saat kamu memilih ingin menjadi mahasiswa, ya sudah itulah kehidupan kamu. Penuh dengan tugas dan jadwal yang padat. Kalau nggak mau terima itu semua ya jangan jadi mahasiswa. Daripada keluh kesahmu itu hanya memenuhi social mediakuu hahahahaha just kidding :p

Selain itu, kesulitan yang kamu rasakan itu bukanlah apa-apa guys. Itu hanya sebagian kecil dari jutaan masalah yang lebih besar di dunia ini. Berpikirlah bahwa, itu hanyalah masalah kecil yang tak perlu kau keluh kesahkan. Mari kita coba bandingkan dengan mereka yang sudah berada di dunia kerja. Saat mahasiswa tidak mengerjakan tugas, apa hukumannya? Paling dihukum ngerangkum sama dosen, atau mungkin nilai jadi E? Itu hanya akan membekas dalam kenangan semasa kamu kuliah. Karena nilai E dapat kamu ubah menjadi A dengan mengambil mata kuliah itu lagi. Tapi di dunia kerja ketika kamu tidak melaksanakan tugas, apalagi jika akibatnya fatal bagi perusahaan maka itu akan menjadi catatan untuk kamu di kemudian hari dan selamanya. Kecuali jika suatu hari kamu berhasil membuat sebuah perubahan yang sangat berarti bagi dunia, ini beda cerita. Berbuat kesalahan dalam sebuah perusahaan akan membuatmu mendapat kemungkinan terburuknya yaitu dipecat. Kalau sudah dipecat, mau dapat uang darimana? Mau makan pakai apa? Cari kerja tak semudah daftar kuliah.

Jangan pernah mengeluh ya guys. Kita hidup selalu penuh dengan masalah. Meskipun terlihat besar, tapi Tuhan nggak akan pernah memberikan masalah yang nggak bisa kita selesaikan. So, just do it because you can! Jangan pernah mengeluh atas tugas dan padatnya jadwal karena memang itulah kehidupan kamu sebagai mahasiswa :)

Malas

Hhhhmmmm,. Suka heran sama mahasiswa yang suka malas masuk kelas. Apa mereka nggak berpikir tentang biaya kuliah? Fine kalau biaya kuliah kalian tanggung sendiri ya guys. Tapi kalau biaya kuliah masih dibayarin orang tua? Oh my :( biaya kuliah itu mahalnya minta ampun looh. Sekaya apapun orang tua kalian, itu semua harta orang tua guys, bukan harta kalian. Memang ada hak kalian di dalamnya, tapi come on guys dengan umur kalian di saat kuliah yang beranjak dewasa seharusnya kalian mulai berpikir tentang "bagaimana susahnya mencari uang?".

Rasa malas ini memang bisa saja muncul karena faktor dosen yang nggak asik, bikin ngantuk atau juga karena mata kuliah yang nggak disukai. Hhmm.. apa solusinya? Ubah mindset dan cara menyikapinya guys. Let me explain it:

Dosen yang nggak seru, bikin ngantuk. It's so easy guys. Tetap masuk aja ke kelasnya, dengarkan apa yang beliau jelaskan. Saat kamu mulai merasa bosan, coba main hp tapi jangan terlalu lama yaah hehehe. Atau kamu juga bisa bermain diatas kertas, seperti gambar hal-hal absurd yang bisa bikin kamu fresh. Intinya lakukan hal-hal yang bisa bikin kamu bebas dari rasa bosa itu, kecuali ramai di kelas yaa hehehe.

Mata kuliah yang nggak asik. Faktor ini memang cukup rumit, karena mau nggak diambil tapi termasuk mata kuliah wajib. Bikin nggak semangat datang ke kelasnya itu uda pasti, tapi solusinya ya jangan bolos juga dong hehehe. Tapi kata nggak asik disini bisa berarti banyak hal, misalnya nggak asik karena mata kuliahnya susah banget, atau karena mata kuliahnya memang nggak menarik perhatian kamu. Mata kuliah yang susah banget bisa kamu selesaikan dengan mencari metode belajar lain. Tetap masuk ke kelas, catat poin-poin penting atau mungkin catat materinya apa saja kemudian pelajari sendiri dengan cara yang kamu sukai. Nah untuk yang memang dari awal nggak tertarik denga mata kuliahnya, selama di kelas kalian bisa kok sambil melakukan hal-hal lain yang bikin kalian tetap baik-baik saja berada di dalam kelas. Dengan catatan tetap mendengar apa yang dijelaskan dosen, minimal paham materi yang sedang dibahas.

Yah itulah sedikit tips untuk kamu yang malas datang ke kelas :) Jangan pernah bolos ya guuys, kecuali ada keperluan penting yang mendesak. Ingaat biaya kuliah itu mahaal.

-----------------------------------------------

Kuliah itu bukan hal yang berat guys. Apalagi kalian cuma kuliah saja, nggak sambil kerja. Beda cerita kalau memang kalian sambil bekerja yaaa. Karena apa yang kubahas diatas itu tentang mahasiswa mahasiswi yang biaya kuliahnya masih ditanggung orang tua dan nggak sambil bekerja.

Pada dasarnya kuliah itu sama saja dengan sekolah saat SD, SMP dan SMA. Berbedanya di bangku kuliah umur kalian mulai beranjak dewasa, pemikiran mulai dewasa dan luas. Itulah sebabnya materi kuliah rata-rata akan menanyakan pendapatmu, bukan jawaban yang sudah di setting oleh buku atau sumber manapun tapi murni dari pendapat dan pikiran kamu sendiri.

Tugas yang banyak adalah sebuah latihan kecil karena di dunia setelah kuliah kamu akan mendapat tugas-tugas yang jumlahnya akan lebih banyak daripada tugas kuliah dan dengan tingkat kesulitan serta resiko yang lebih besar daripada ketika dibangku kuliah. Sedangkan padatnya jadwal bisa membuat kamu belajar mengatur waktu antara kuliah dan urusan pribadi maupun organisasi.

Yaah pada akhirnya semua yang kita lakukan di dunia ini tidak akan pernah sia-sia. Jika memang hasilnya tidak dirasakan di dunia, mungkin saja hasilnya akan dirasakan di akhirat nanti baik itu yang baik maupun buruk. So, just do the best guys! Nggak ada hal yang sia-sia! Terkadang sesuatu yang terlihat tidak berguna untuk kita mungkin saja akan berguna untuk orang lain dengan perantara penyampaiannya adalah melalui diri kita.

Ohiya juga perlu diingat bahwa masih banyak orang di luar sana yang berharap ada diposisi kamu yang sedang duduk dibangku kuliah. Bersyukurlah karena Tuhan memberikanmu kesempatan yang masih lebih baik daripada orang di luar sana yang bahkan tidak bisa menyentuh pendidikan.

Thanks for reading :)
Hope all of you have a nice day :)

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete