Antri Beli Tiket Kereta via Online

Friday, October 23, 2015

        Kalau baca dari judulnya pasti uda kebayang dong maksudnya apaan, hehe. Sebagai anak perantau yang ada di pikiran gw itu "kapan ada libur panjang ?", "sisa cuti gw ada berapa ?", "tanggal berapa tiket kereta api dibuka ?" dan masih banyak lainnya. Maklum lah, gw pilih kereta karena harganya relatif murah atau standard lah dibandingkan harga pesawat yang mahal beuts hehe. Sebenernya beli tiket pesawat bisa aja sih dapat yang harga murah, tapi itu kalau kita beli nya setahun sebelum libur panjang wkwkwk. Soalnya dari hasil research gw *ceileh research haha*, harga pesawat termurah itu sama dengan harga kereta eksekutif. Jadi ya gw kalau di suruh milih ya mending beli tiket kereta eksekutif daripada pesawat. Ya emang sih perjalanan dengan pesawat itu cuma 1,5 jam ( Jakarta - Surabaya ) tapi gw males banget nya itu perjalanan dari Surabaya ke Jombang. Di hari libur apalagi libur panjang gw yakin 100% terminal Purabaya itu pasti ramenya minta ampun deh. Satu-satunya pilihan terbaik ya naik kereta, karena kalau kereta gw bisa langsung turun di Jombang trus minta dijemput deh. No buang waktu lama-lama dan no ribet hahahaha.

        Tahun lalu gw baru beberapa bulan kerja, jadi gw belum dapet jatah cuti yang akhirnya membuat gw harus pulkam hanya dalam waktu seminggu dan itu pun naik bis malam dengan menikmati segala kemacetan di jalan raya wkwkwk, untuk cerita lebih lengkapnya cek disini ajah. Nah karena hari raya tahun ini gw uda setahun lebih masa kerja, gw pun dapet jatah cuti yeayy. Gw akhirnya jauh-jauh hari uda nentuin kapan gw berangkat dari Jakarta dan kapan gw balik dari Jombang dengan mempertimbangkan jadwal UAS gw ( awal bulan Juli itu masa-masa UAS huhuhu ). Eits that's not enough, gw juga mikirin kapan tiket KA mulai dibuka, gw pun ngitung 3 bulan sebelum tanggal gw berangkat dan balik. Gw masih inget banget tuh tanggal berangkat gw ( rencana ) adalah 14 Juli 2015 dan balik ( rencana ) adalah 25 Juli 2015. Dan tanggal serta waktu gw harus pesen tiket adalah berangkat ( rencana ) adalah 15 April 2015 pukul 00:00 dan balik ( rencana ) adalah 26 April 2015 pukul 00:00 ini tepat banget 3 bulan sebelum keberangkatan. Waktu pesannya pun nggak main-main, gw bener-bener harus mantengin itu website KAI dan Tiket.com ( ps : gw kalo beli tiket KA always di dua web itu doang hehe ) setiap detik, karena lengah sedikit tiket pun melayang.

        Sebelum bulan April datang gw bawaannya pengen buru-buru bulan April aja dah, pengen buruan pesen tiket cus dapet trus tenang deh. Kalau tiket belum di tangan itu rasanya otak masih melayang kemana-mana, takut kehabisan tiket yang berujung nggak jadi pulkam huhuhu kan cedih kalau kek gituuuh. Setiap hari yang ada di benak gw itu adalah pikiran akan mudahnya pesan tiket online apalagi kalo pesennya jam 00:00 pasti jarang banget tuh orang bangun jam segitu. Gw pun santai-santai aja dan nggak mikirin hal-hal yang alay bin lebay wkwkwk. Menjelang hari H di bulan April temen-temen gw ada yang share cara cepat untuk pesan tiket di web KAI. Disini mereka nyaranin untuk pake iMacros di Mozzila, trus ada coding untuk iMacros dimana coding tersebut untuk ngarahin iMacros buat nge load halaman web sesuai yang kita inginkan. Paham ? Pasti bingung ya ? hahaha gw aja juga bingung wkwkwk. Intinya sih iMacros ini berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah yang kita tuliskan di code nya iMacros. Dimana code itu bisa untuk jalanin proses di web mulai dari pilih data, isi data sampai submit data. Jadi kita cukup run code iMacros nya dan tinggal nunggu proses selesai. Lihat temen-temen pada antusias gw pun ikut-ikut an, yah itung-itung bisa dijadiin senjata simpanan untuk pesen tiket nanti hehehehe. Setelah gw coba jalanin, gw pun paham konsepnya dan yes ntar gw bakal coba pesen tiket pake cara cepat ini.

        Singkat cerita tanggal 14 April 2015 pun tiba. Mulai jam 21:00 gw uda mantengin laptop mulu tuh. Entah itu ngerjain kerjaan kantor atau tugas kuliah, gw nyelip-nyelip tiap beberapa menit nge-refresh web KAI dan Tiket.com kali aja ada keberuntungan tiba-tiba tiket uda bisa dipesan hahahaha. Gw nungguin jam 00:00 sampe ngantuk-ngantuk dan sampe ditemenin Skype an sama temen gw yang lagi di Bali. Tik tok tik tok jam dinding terus berputar hingga menunjukkan tepat pukul 00:00 yeaayy gw pun langsung refresh web KAI dan Tiket.com. Daan jreeengg jreengg jrenngg tau nggak apa hasilnya yang kebuka setelah di refresh ? di web KAI hasilnya "Bad Gateway" sedangkan di Tiket.com hasilnya "Jadwal kereta api tidak tersedia atau sedang dalam antrean pencarian. Silakan buka halaman ini beberapa saat lagi." huhuhuu cediiihhh. Gw refresh berulang kali itu hasilnya samaaa!!!! Gw pun coba in pake iMacros, tapi hasilnya juga sama gaaeeesss, intinya tetep gabisaaa karena server down!! cediihhh!! gw uda mantengin laptop dengan tekan ctrl + F5 terus sampe jam 03:30 dan hasilnya NIHIL! gw belum juga berhasil dapet satu tiket pun! Ada kalanya gw uda bisa masuk sampe proses isi data diri trus tinggal klik sekali lagi aja gw uda bisa book itu tiket tapi hasilnyaaa selaluuu kalau nggak "Bad Gateway" ya "Service Not Available". Gw pun akhirnya menyerah, karena hayati lelah lembur semaleman demi tiket tapi hasilnya NIHIL. Yang di benak gw waktu itu adalah "Lanjut besok pagi aje dah di kantor, kalo emang jodoh ntar juga pasti ada jalan buat dapet tiket". Gw akhirnya menyerah dan tiduurr sepulas pulasnyaaa.

        Paginya, di kantor gw langsung buru-buru buka web KAI dan Tiket,com. Hasilnya sungguh menyedihkaaaann!! Tiket untuk keberangkatan 14 Juli 2015 sudah ludeess, habis tak tersisaaa. Gw akhirnya lihat yang keberangkatan 13 Juli 2015, ternyata waktu gw cek di Tiket,com masih ada tiket eksekutif. Tanpa basa-basi gw pun langsung pesan dan beyar itu tiket. Legaaa rasanya setelah gw dapet email e-ticket hihi. Gw senengnya kalo beli di Tiket.com itu bisa langsung bayar via KlikBCA. Kalau di web KAI kan bisanya pake BCAClickpay, sedangkan gw uda daftar BCA Clickpay eh lupa passwordnya, mau reset ribetnya minta ampun jadi ya gw gabisa pake akun BCA Clickpay gw huhuhu. Jadi kalau gw pesennya di web KAI ya mau nggak mau gw harus bayar via transfer ATM dengan limit waktu nya 3 jam. Untung banget deh kali ini gw dapet nya di Tiket.com jadi bisa langsung bayar nggak pake ribet hahaha.

        Rencana berangkat tanggal 14 Juli 2015 akhirnya maju menjadi tanggal 13 Juli 2015, makin seneng gw karena itu artinya gw bisa lebih lama di rumah wkwkwk. Kenapa gw justru pilih tanggal 13 ? Kenapa nggak sekalian aja tanggal 11 biar bisa makin lama di rumah ? atau Kenapa nggak tunggu tiket untuk tanggal 15 aja ? . Oke oke gw akan jawab semua pertanyaan itu wkwkwk. Gw nggak pilih tanggal 11 karena gw tanggal 11 itu ada jadwal UAS gaaeeess!! Dan 12 nya gw emang uda nggak ada jadwal UAS tapi gw ogah ribet, jarak antara UAS dan packing terlalu mepet wkwkwk. Trus kenapa nggak nungguin tiket tanggal 15 ? Itu karena gw nggak mau ambil resiko besar. Tanggal 15 itu semakin dekat dengan tanggal hari raya yang artinya volume orang yang mau berangkat tanggal segitu pasti lebih banyaakk ngeets. Dan gw nggak mau ambil resiko kehilangan kesempatan untuk dapetin tiket. Jadi yaa tanggal yang paling pas banget adalah tanggal 13 Juli 2015 hehehehe.

        Oke lanjut yaaa, singkat cerita tanggal 25 April 2015 pun tiba. Setelah beberapa hari sebelumnya gw uda ngantri beli tiket untuk berangkat ( Jakarta - Jombang ) kini saat nya gw harus ngantri lagi untuk tiket balik ( Jombang - Jakarta ). Kali ini gw nggak terlalu se fanatik sebelumnya wkwkwk. Gw tetep nunggu pukul 00:00 tapi gw nggak bakal refresh berulang kali sampai pukul 03:30 seperti sebelumnya. Capeeekk keleus nungguin begituan yang endingnya NIHIL hahaha. Jam dinding akhrinya menunjukkan pukul 00:00 gw coba buka web KAI dan Tiket.com. Hasilnya ?? SAMA !! Kalau nggak "Bad Gateway" ya "Service Not Available", begitu juga di Tiket.com hasilnya selalu "Jadwal kereta api tidak tersedia atau sedang dalam antrean pencarian. Silakan buka halaman ini beberapa saat lagi.". Gw coba tungguin terus sampe sekitar sejam an dan hasilnya tetap NIHIL. Oke fix gw mutusin buat udahan. Paginya gw coba buka di kantor ternyata uda habis semuaaa. Tapi entah kenapa ya gw sama sekali nggak panik padahal tiket uda bener-bener habis tanpa sisa. Akhirnya gw mutusin buat coba nunggu tiket keberangkatan 26 Juli 2015. Kalau endingnya gw tetep nggak dapet yauda deh gw naik KA transit aja ( beli tiket nya nggak langsung Jombang - Jakarta tapi dari Jombang - Bandung trus Bandung - Jakarta ). Tanggal 27 April 2015 pukul 00:00 pun tiba, gw langsung coba buka lagi itu web KAI dan Tiket.com. Benar-benar menyedihkaaann! Hasilnya tuh samaa persis seperti sebelumnyaa!! Aku cediihhh! Gw uda hampir mau book tiket transit tuh. Tapi entah kenapa hati kecil gw masih belum yakin buat pesen tiket transit. Gw pun tidur berniat lanjut besok pagi aja lagi di kantor hehe. Paginya sekitar pukul 06:00 gw bangun dan entah kenapa gw pengen iseng-iseng cek tiket di web KAI via hp gw ( segitu nggak niatnya ngecek pake hp wkwkwk ). Setelah pilih kota asal dan kota tujuan serta tanggal nya gw pilih 26 Juli 2015 trus Submit dan jreeng jrengg jreeeennggg!!!! Aneh bin ajaib, setengah percaya dan enggak ternyata masih ada tiket untuk tanggal segitu dengan sisa kursinya itu cuma 2 kursi hihihihi senennggg nyaaaa. Gw pun langsung buru-buru isi data diri trus lanjut ke pembayaran. Daann seneeengg nyaa pesanan tiket sudah ke booked hihi. Waktu maksimal pembayaran gw waktu itu adalah 08:59 hihi. Tanpa basa basi gw langsung mandi, siap-siap dan cuuss berangkat ke kantor sekalian mampir ke ATM untuk bayar tiketnya hihihi. Setelah klik klik klik di ATM hehe pembayaran pun suksessss yeaaayy. Gw tunggu sekitar 30 menit an akhirnya e-ticket pun dikirim. Huahahahaha senengnyaaaa, alhamdulillah. Emang ya, kekuatan feeling itu nggak ada yang ngalahin hehe. Padahal itu gw ASLI CUMA ISENG DOANG waktu cek via hp. Eh ternyata berjodoh hahaha tiket PP pun sudah ditangaaaann. Lega bangettt rasanyaa, asli legaaa ngeeettsss.

       Dari pengalaman gw di atas, ternyata pesan tiket online yang selama ini gw anggap mudah dan cepat itu nggak selamanya berjalan mulus. Yah emang sih sekarang uda bukan jamannya beli tiket dengan antri di loket. Tapi bisa gw simpulin sekarang itu jamannya ngantri di internet. Secara kasat mata kita emang terlihat sendirian, tapi di dalam sistem server nya tuh yang ngantri nya berjubel-jubel sampe website down mulu. Ngantri di server nggak keliatan secara kasat mata, tapi berasa banget efeknya dengan TIBA-TIBA. Loh kok bisa? Ya bisa dong, secara ya kita merasa cuma kita doang yang mau beli tiket, tapi setelah buka web nya eh tiket secara tiba-tiba uda habis aja. Kan lebih sedih banget ituuu huhuhu !!!

        Tapi ya, meskipun ribetnya itu ngeselin banget sampe-sampe bisa bikin emosi. Gw tetep seneng banget bisa terlibat dalam keribetan itu hehehehe. Rasanya tuh puas banget kalo kita uda dapetin tiketnya. Pengalaman pesen tiket yang super ribet seperti ini nggak akan pernah bisa dilupain. Seriusan deh! Dua rius malah! wkwkwk. Dan dengan hal seperti ini juga gw jadi dapet pengalaman baru sebagai anak rantau hehehe. Serunya ngantri dan ngeliat website down itu lhoo sumpaah ngeselin tapi nyenengin hahahaha. Oke sekian cerita gw, see you next post gaeeesss.

No comments:

Powered by Blogger.