Pengalaman Pertama Belanja Buku di Event Big Bad Wolf

Sunday, March 31, 2019
Adakah disini yang belum tau event Big Bad Wolf? Oke, mari kujelaskan secara singkat! Big Bad Wolf adalah sebuah bazar buku terbesar di dunia yang menawarkan buku-buku import dengan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya, dimana jumlah diskon dari harga aslinya itu sendiri biasanya lebih dari 50%. Amazing right?

Aku pribadi sebenarnya uda tau tentang event ini dari tahun 2018 kemaren, tapi sayangnya tahun kemaren ngga sempat untuk datang karena aku taunya uda telat. Aku baru tau event ini tuh tepat satu atau dua hari sebelum hari terakhir kalo ngga salah wkwkwk. Sebagai anak yang lebih suka dikosan, sudah pasti perlu niat ekstra untuk datang ke event yang lokasinya jauh dari kosan wkwkwk. So, yeah alhasil tahun kemarin ngga jadi ke BBW, dan ngga nyesel juga wkwkwk. Selain itu, tahun lalu aku belum terlalu addict untuk koleksi buku. Yaa bisa dibilang kalau ada buku harga diatas 50 ribu itu aku masih mikir-mikir mau beli wkwkwk.

Buku tentang self improvement yang berjudul
"Smarter Faster Better"
Berbeda dengan tahun lalu, di 2019 ini aku uda jadi book lovers yang berani beli buku seharga 50 ribu lebih tapi tidak jika 100 ribu lebih wkwkwk. Fyi, ini konteks harganya itu harga tiap buku yaa!

Tahun ini BBW diadain dari tanggal 1 - 11 Maret 2019 di ICE BSD, Tangerang. Beruntungnya kalau naik KRL dari stasiun terdekat dengan kosan itu aku ngga perlu transit, cukup sekali naik KRL aja hehe. Karena aku sama sekali belum pernah ke ICE BSD, jadi uda pasti sebelum berangkat aku mastiin dulu harus turun di stasiun mana yang paling dekat dengan ICE BSD dan sampai disana dari stasiun ke ICE BSD nya naik apa.

Well, sedikit flashback sebelum aku memutuskan untuk berangkat itu sebenarnya galau mau berangkat ditanggal berapa wkwkwk. Karena aku sempat iseng request tiket Preview Pass di website BBW, dan dapat dong!! Galau banget itu karena Preview Day nya di tanggal 28 Februari dan itu hari Kamis. Kalau pulang kantor langsung ke lokasi yang ada pulang ke kosan bisa sampe tengah malam.

Preview Day feels special karena itu dilakukan sebelum BBW benar-benar dibuka, jadi uda pasti koleksi masih lengkap. Tapi, ngga enaknya menurut info rata-rata yang dapat tiket Preview Pass itu mereka yang buka jastip. Uda pasti mereka bakal beli banyak banget dan bikin antrian kasir jadi panjang. Aku ngga mau ngerasain itu, jadi aku akhirnya merelakan tiket Preview Pass ku dan memilih datang ditanggal 2 Maret.

Memilih waktu berangkat pun ngga sembarangan. Aku benar-benar ngga mau ngerasain rame yang kebangetan, jadi aku pilih berangkat pagi sekitar jam 7 dari kosan dan sampai di ICE BSD itu sekitar jam setengah 9 kalo ngga salah.

Buku tentang bisnis yang berjudul
"The Inevitable: Understanding the 12 Technological Forces That Will Shape Our Future"
First impression-nya keren banget. Mungkin karena aku sekarang suka koleksi buku kali ya jadi ngeliat tumpukan buku dimana-mana itu rasanya menyenangkan banget!

Tujuan aku datang ke event ini tentu saja untuk beli buku-buku import yang selama ini selalu aku keep buat ngga beli karena harganya yang selalu lebih dari 100 ribu. Tapi, sejujurnya aku pun ngga tau mau beli buku apa! hahahaha. Karena belum punya pengalaman baca buku import, jadi aku sama sekali ngga punya gambaran buku mana aja yang perlu aku beli.

Tapi sebelum berangkat aku sudah research tipe buku apa aja yang bakal aku beli, jadi sampai disana ngga buta-buta amat lah ya wkwkwk. Aku memutuskan untuk beli novel, buku yang membahas tentang self improvement, dan buku yang membahas tentang bisnis.

Sesampaiku di lokasi yang perlu aku lakukan tinggal langsung menuju bagian-bagian yang emang uda aku tentukan sebelumnya. Yang pertama aku datangi itu bagian Buku Indonesia, tapi sayangnya ngga ada yang menarik perhatianku. Lebih tepatnya aku bandingkan harga disitu dengan harga umumnya itu ngga beda jauh, jadi yaa menurutku rugi aja kalo beli disitu tapi harganya ngga beda jauh dengan di pasaran.

Bagian kedua yang aku datangi adalah self improvement. Aku ngga berhasil menemukan buku apapun disini. Tapi saat aku berjalan ke bagian buku-buku di dekat pintu masuk, ternyata aku menemukannya! Buku tentang self improvement yang judulnya "Smarter Faster Better".

Novel berjudul
"The Mother's Promise"
Bagian ketiga adalah bisnis. Well, sebenarnya disini aku belum ada pilihan buku mana yang mau dibeli. Bermodal aplikasi Goodreads aku cari setiap buku yang menurut aku sekilas terlihat menarik. Aku lihat rating dan review nya, kalau lebih dari empat barulah buku itu jadi salah satu pilihanku. Setelah dapat beberapa calon buku, aku akhirnya decide untuk beli satu buku aja wkwkwk, judulnya "The Inevitable: Understanding the 12 Technological Forces That Will Shape Our Future".

Bagian terakhir yang aku datangi adalah novel. Nah, disinilah bagian yang paling banyak aku beli wkwkwk. Kalau dibagian lain aku beli masing-masing satu, di bagian ini aku beli tiga buku wkwkwk. Sebenarnya di bagian ini pun aku ngga tau mau beli yang mana aja wkwkwk. Lagi dan lagi aku memanfaatkan aplikasi Goodreads. Cukup banyak novel yang rating dan review nya bagus, dan itulah yang membuatku khilaf beli lebih dari satu. Novel-novel yang aku beli judulnya "The Mother's Promise", "Victoria" dan "A Midsummer's Equation".

Setelah dirasa cukup, aku niatnya mau langsung ke kasir, tapi karena untuk menuju kasir itu harus melewati bagian buku anak-anak aku mampir tipis-tipis wkwkwk. Gambarnya lucu-lucu, and i decide to buy some of them, only two actually. Uda capek di bagian anak-anak, bukannya langsung ke kasir tapi masih aja ini kaki sempat-sempatnya mampir lihat ke bagian boneka-boneka hahaha. Tapi karena harganya ngga beda jauh dengan dipasaran jadi yaa aku memutuskan untuk say good bye.

Novel berjudul
"A Midsummer's Equation"
Sampai di kasir entah memang sudah banyak peningkatan atau memang lagi sepi, antrian di kasir ternyata ngga seramai yang aku pikirkan. Counter kasirnya ada banyaaak!! Sampai dua puluhan lebih deh kayaknya, lupa aku hehe. Masing-masing kasir sekilas aku lihat antriannya cuma sekitar empat sampai lima orang aja, not too crowded right?

Di kasir itu sebenarnya sedikit nyesel sih, dan sedikit kesal juga sama mba mba kasirnya. Sebenarnya salah satu buku yang aku beli itu bisa dapat potongan 10 ribu kalau aku jadi member BBW. Aku pikir member BBW itu ya yang uda register di websitenya. Eeeehh ternyata bukan doongg! Yauda deh aku bilang "yauda gpp mba gausa potongan". Beberapa detik setelah itu aku iseng nanya "kalo mau daftar member harus dibagian member sana itu ya mba?" ( ps: bagian member itu jauh dari kasir ). Ngga taunya si mba kasir jawab "engga mba, bisa disini juga kok". Reflek dong "oh yauda mau daftar member deh mba", si mba jawab "yaahh, uda ngga bisa mba,. pilihan diskonnya tadi uda dihapus", pasrah deh "oh yauda deh gpp". Padahal dalam hati "duh mba dari tadi kek bilang kalo bisa disini, masa harus ditanya dulu sih, ngga proaktif banget". Asli antara nyesel dan kesel wkwkwk.

Oke, lupakan tentang kekesalanku itu hahahaha. Datang ke BBW tetap seru banget buat aku! Lima buku import sudah ditangan, dan sebagai pemula untuk bacaan buku import yaah itu cukup lah buat setahun hehe. Yang pasti tahun depan wajib datang ke BBW lagi!

Sedikit tips dari aku, pastikan pilih waktu dimana orang-orang malas keluar rumah, jadi ngga perlu berdesakan saat pilih buku maupun antri panjang di kasir. Selain itu, mungkin bakal banyak banget buku-buku yang belum kita ketahui, akan lebih baik kalau memanfaatkan aplikasi Goodreads sebagai acuan. Nilai rating dan review di Goodreads benar-benar membantu, ciyus.

Thankyou guys for reading :)
Hope all of you have a nice day :)

No comments:

Powered by Blogger.