Pemilu 2019 - Liburan Dadakan, Batal Golput

Tuesday, September 03, 2019
Tanggal 17 April 2019 merupakan hari dimana rakyat Indonesia melakukan pesta demokrasi. Dimana pada pemilu kali ini tak hanya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, melainkan juga untuk memilih DPRD kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD RI.

Sebenarnya aku sama sekali ngga tertarik dengan pesta demokrasi tersebut. Kondisiku yang berada di Jakarta dengan KTP yang berdomisili di Jombang membuatku harus pulang jika ingin ikut pemilu atau aku harus mengurus form A5 agar dapat memilih di Jakarta. Nah, aku yang sama sekali ngga peduli dengan pemilu tersebut, tentu saja ngga pernah cari tau informasi seputar pemilu termasuk tentang cara mengurus form A5 dan tanggal terakhir dari proses pengurusan A5.

Aku baru tau tentang proses pengurusan A5 itu tepat dihari terakhir batas pengurusan. Yasudahlah, no hope. Tapi beberapa hari kemudian aku mendapat info bahwa proses pengurusan pindah lokasi memilih itu diperpanjang sampai 10 April 2019. Entah kenapa aku pengen aja gitu coba urus, mungkin aja bisa. Ditanggal 6 April 2019 aku coba datang ke kantor kelurahan terdekat dari kosan. Dan ternyata uda ngga bisa doongg. Rupanya perpanjangan itu hanya untuk mereka yang memang terdesak, seperti terkena bencana, dll.

Oke, fix aku bakal golput lagi tahun ini.

Sedikit flashback, aku dapat KTP itu tahun 2013. Kondisiku yang jarang banget di rumah membuatku melewatkan cukup banyak pemilu. Pernah sekali ikut pemilu itu saat pemilihan legislatif ( lupa tahun berapa ). Bahkan di tahun 2014 pun aku ngga ikut pemilu presiden karena baru banget pindahan ke Jakarta. Kesimpulannya selama punya KTP ini dari sekian banyak pemilu aku cuma pernah ikut satu kali doang.

Ilustrasi Pemilu
Kembali ke saat ini. Setelah aku coba urus dan tidak bisa, entah kenapa aku mendadak jadi pengen banget ikut pemilu. Yang bikin aku benar-benar ingin berpartisipasi itu karena ada pemilihan presiden dan wakil presiden. Entah kena virus apa aku tiba-tiba aja gitu pengen banget ikut milih hahaha, padahal sebelumnya bodo amat wkwkwk.

Ngga ada pilihan lain, kalau mau ikut pemilu sudah pasti aku harus pulang karena di data KPU pun aku terdaftar di TPS dekat rumahku. No choice, i must go home. Beruntungnya tanggal 19 April ( hari Jumat ) itu libur, jadi kalau aku mau ambil cuti sebenarnya bisa cuma di tanggal 18 April. Lumayan kan, cuma cuti satu hari tapi uda bisa liburan 5 hari.

Tapi yang bikin galau adalah kantor uda menginfokan kalau tanggal 18 April itu ngga boleh cuti, karena dikhawatirkan mereka yang harusnya milih di Jakarta justru memanfaatkan momen tersebut untuk liburan dan menjadi golput. Wah, galau dong aku! Mana cuti juga ngga banyak, jadi ngga mungkin kalau aku ambil cuti dua hari ditanggal 15 dan 16 April.

Aku akhirnya coba untuk tanya ke atasan, tentang alasan ingin ikut pemilu dan minta izin untuk ambil cuti ditanggal 18 April. Daaann, alhamdulillah diizinin doongg, yeeaayy!! Tapi dengan syarat harus foto di TPS beserta kelingking ungu hehehe. Aku sih oke aja dengan syarat tersebut, secara kan aku emang tujuan pulang karena mau ikut pemilu hehehe.

Meskipun sudah dapat izin dari atasan, tapi kegalauanku ngga berhenti sampai disitu gaes. Aku minta izin itu ditanggal 8 April, sedangkan pemilu itu tanggal 17 April. Uda H-9 dan aku belum beli tiket untuk pulang, apalagi bisa dibilang itu kesempatan libur panjang, sudah pasti tiket kereta habis semua. Dan karena tanggal 16 April itu aku ngga ambil cuti, mau tidak mau aku harus naik pesawat supaya bisa terkejar itu waktu untuk ikut pemilu yang dibatasi hanya dari jam 7 sampai jam 12 siang.

Cari tiket pesawat pun susah, karena yang tersisa cuma tiket-tiket dengan harga yang fantastis buat aku hiks. Aku membandingkan antara website yang satu dengan yang lainnya. mencari mana yang memberikan diskon paling tinggi hahaha. Maklum ya anak kosan ngga punya banyak budget, harus pintar-pintar cari diskonan, pokoknya ngga mau rugi wkwkwk.

Akhirnya aku decide untuk beli di Tiket.com karena dapat diskon sekitar 130ribu, mayan kan hehehe. Saat cari tiket untuk balik ke Jakarta awalnya aku mau naik pesawat tapi ngga rela saat lihat harganya wkwkwk. Coba cari tiket kereta ternyata masih ada tapi dari Surabaya. Itu pun uda sisa-sisa kursinya karena cuma ada 2 kursi doang. Tapi harganya lumayan banget sekitar 40% dari harga pesawat. Yauda deh aku pilih kereta aja, dan sama seperti sebelumnya aku cari-cari dulu mana travel agent yang diskonannya paling banyak wkwkwk. Dan ternyata Tokopedia lah pemenangnya hahaha, lumayan dapat cashback sekitar 45ribu gaes.

Untuk tiket pesawat aku sengaja cari yang flight paling pagi di tanggal 17 April, supaya sampai di Surabaya masih pagi dan punya cukup banyak waktu untuk perjalanan ke Jombang. Jadwal take off nya sekitar jam 4 pagi, dan aku sudah ada di bandara sekitar jam 3 pagi. Asli itu aku ngga tidur sama sekali. Pulang kantor jam 5 niatnya mau langsung tidur tapi gagal total, sama sekali ngga bisa tidur. Mulai ngantuk itu sekitar jam 10 an, tapi ngga mungkin banget tidur jam segitu karena aku tipikal yang susah dengar alarm wkwkwk. Tidur jam 10 an itu aku biasanya bangun subuh jam 4 atau jam 5 an, yang ada nanti aku miss flight, kan ngga lucu.

Sampai di bandara dan nunggu di gate pun aku ngga tenang banget, bawaannya takut dan parno. Meskipun aku uda sering naik Citilink, tapi kenyataan adanya pemberitaan tentang pesawat beberapa bulan lalu itu berhasil membuat aku jadi parno parah. Demi menenangkan diri, selama menunggu itu aku benar-benar ngga berhenti berdoa. Bahkan saat di dalam pesawat pun aku ngga berhenti berdoa, ya cuma sesekali berhenti karena berusaha untuk tidur.

Alhamdulillah banget perjalanan baik-baik saja. Well, memang aku aja sih yang over parno wkwkwk. Dan yang bikin aku makin ceria saat turun dari pesawat itu karena aku dan semua penumpang di pesawat tersebut dapat voucher diskon 150ribu dari Tiket.com yeaayy!! Tentunya dengan syarat & ketentuan yang berlaku ya wkwkwk. Tapi ngga masalah, diskonannya tetap menguntungkan buat aku hehehe.

Sampai di Surabaya aku dijemput temanku yang sama-sama dari Jombang, karena dia juga memang mau pulang ke Jombang jadi ya sekalian aja aku bareng hehehe. Aku landing sekitar jam setengah 6 pagi, dan menunggu temanku inii sekitar satu jam. Iya, satu jam gaes. Rasanya uda ngga kuat banget, badan rasanya capek semua karena belum tidur sama sekali hiks. Kita baru berangkat dari bandara Juanda itu sekitar jam 7 pagi. Dan alhamdulillah nyaa kita sampai di Jombang itu lumayan cepat, sekitar jam 9 kurang, ngga sampai 2 jam, yeaay.

Istirahat sebentar untuk makan di rumah karena belum makan sama sekali dari malamnya. Beruntungnya lokasi TPS dekat banget dari rumah hihihi. Cuma beda satu rumah doang gaes. Selesai makan langsung ke TPS, antri, dan yeaayy aku batal golput!! hehehe. Selesai milih tentu saja aku menjalankan syarat dari atasan wkwkwk. Foto sebentar dan selesai kewajibanku untuk kirim foto bukti ikut pemilu. Dan, selamat datang liburan dadakankuu! Lumayan bisa liburan 4 hari di rumah hehehe.

Once again, Aldena batal golput gaes!! :D

Thankyou guys for reading :)
Hope all of you have a nice day :)