Fenomena Dilan dan Gombalannya yang Menjadi Viral

Thursday, February 01, 2018

Disaat seperti ini ngomongin Dilan itu rasanya bukan menjadi hal yang asing lagi. Di awal tahun 2018 kita sudah digemparkan dengan berita serta meme-meme seputar Dilan yang bertebaran di media sosial. Karena siapa sih yang nggak kenal Dilan? Novel yang tak pernah bosan dibaca oleh penggemarnya itu kini diangkat menjadi sebuah film.

Ohya disini aku nggak akan bahas detail soal cerita Dilan yah, karena aku belum nonton film nya ehehehe dan lagi dalam proses ngumpulin duit untuk beli novel lengkapnya. Jadi yaah aku hanya akan menilai dari segi bagaimana gombalan-gombalan Dilan ini menjadi viral di media sosial.

Apa sih sebenarnya yang membuat Dilan menjadi sangat populer akhir-akhir ini?


Yah, sebenarnya dari awal pun cerita Dilan memang sudah sangat menarik minat masyarakat terutama pecinta novel. Namun, siapa sangka bahwa di awal tahun 2018 ini cerita Dilan yang cukup mengundang minat para pecinta novel itu kini diangkat menjadi sebuah film. Sontak ini menjadi perbincangan hangat oleh netizen.

Bahkan diawal berita akan diangkatnya cerita Dilan menjadi sebuah film, netizen sempat ramai dengan pro kontra seputar pemeran Dilan itu sendiri yang telah jatuh pada Iqbaal Ramadhan ( ex Coboy Junior ). Banyak yang mengatakan bahwa sosok Iqbaal kurang cocok untuk memerankan seorang Dilan. Hhhmm,. entahlah aku sedikit kurang setuju dengan pernyataan tersebut. Karena saat lihat trailernya pun aku merasa tidak ada yang salah dengan aktingnya. Tapi entahlah, buat kamu yang uda nonton film Dilan, coba dong kasih pendapat kalian soal Iqbaal yang memerankan Dilan?

Oke, kembali ke topik soal Dilan yang menjadi sangat viral di media sosial. Kalau menurutku hal paling menonjol yang membuat Dilan semakin viral adalah gaya gombalan yang menurutku cukup unik daripada gaya gombalan pada umumnya.

Untuk lebih tau bagaimana kira-kira gambaran filmnya, ini aku kasih trailernya.


Ada dua bagian gombalan atau ucapan Dilan yang menurutku menjadi highlight di masyarakat, yaitu:
1. "Milea, kamu cantik. Tapi aku belum mencintaimu, nggak tau kalau sore. Tunggu aja"
2. "Jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat. Biar aku saja".

Ya, Dilan memang seperti itu. Dia punya caranya sendiri dalam merangkai kata. Dan kalimat-kalimat yang berbeda itu membuat dia memiliki sisi unik dan manis dengan caranya sendiri. Aww so cute ehehehe.

Kenapa aku bisa mengatakan dua bagian diatas itu sebagai highlight? Karena sebagian besar meme yang tersebar di media sosial itu adalah parody dari bagian-bagian tersebut. Hahahaha so funny. Masyarakat memang sangat kreatif jika menyangkut hal-hal yang berbau viral. Selalu saja ada hal lucu yang dibuat dari sesuatu yang viral itu. So creative and funny at the same time ehehehehe.

Naahh,. seperti apa sih meme-meme yang dibuat masyarakat di media sosial? Cekidot!

1. Andai Dilan jadi dosenku . . .

Source: instagram.com/dagelan

2. Salah jurusan guys

Source: instagram.com/dagelan

3. Nagih utang yang alus pisan euy

Source: instagram.com/dagelan

4.  Saat Dilan berubah menjadi Deadline

Source: instagram.com/dagelan

5. Berat emang kalau harus nurunin berat badan

Source: instagram.com/parodi.dilan1990

6. Jangan nabrak tiang listrik guys

Source: instagram.com/kodebaper_

7. Dilan yang rindu gajian

Source: instagram.com/girl17girls

8. Susah emang kalau berurusan dengan yang gratisan

Source: instagram.com/ellapriandika

9. Dasar buaya buntung . . .

Source: instagram.com/mr_theday

10. Move on itu memang berat

Source: instagram.com/fathfaath

11. Jangan nganggur, berat

Source: instagram.com/meme.dilan.1990

Gimana? Pada kreatif-kreatif kaan masyarakat kita ehehehehe. Gombalan Dilan yang cukup mengena di pikiran karena keunikannya membuat masyarakat dengan mudah mengingat setiap kata yang Dilan ucapkan. Hal tersebutlah yang membuat Dilan menjadi semakin viral di media sosial.

Tak bisa dipungkiri bahwa media sosial memang sangat berperan dalam mempopulerkan sesuatu. Dilan menjadi salah satunya. Hanya dengan suntikan trailer yang beberapa menit tersebut, respon masyarakat pun terbilang sangat bagus. Hal ini didukung dengan banyaknya meme-meme seputar Dilan yang bertebaran di media sosial.

Jadi, sudahkah kalian menonton film Dilan?

Kalau sudah, beri komentar dong soal filmnya. Apakah sesuai ekspektasi terutama bagi para pembaca novel Dilan?

Buat yang belum nonton, yuk lah nonton. Tapi jangan sendirian, berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja. #loh ahahahaha.

Thanks for reading :)
Hope all of you have a nice day :)

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Wow that was unusual. I just wrote an extremely long comment but after I clicked submit my comment didn't show up. Grrrr... well I'm not writing all that over again. Anyway, just wanted to say fantastic post! Eincher.me

    ReplyDelete